Pembuka dan Pembebas

Teruntuk anak pertama-ku, inilah arti dari namamu.

Bukan perkara yang mudah bagi Aba untuk memilihkan nama untukmu, nak dengan tipe Aba yang terlalu perfeksionis untuk nama seorang Anak, Aba perlu mencari tau apa nama yang baik untukmu sebagai doa, identitas, dan harapan dari Abanda dan Ibunda bagimu kedepannya.

Sejak awal Aba tau Ibunda mengandung kamu di dalam rahimnya, Abanda selalu bersyukur dan Ibunda-mu selalu bersabar atas segala kenikmatan sakit yang di-alaminya semasa mengandung-mu. Diputarkannya lantunan ayat Al-Quran ayat demi ayat dari Boneka Hafiz, dan maulid nabi selalu menjadi teman dalam perjalanan Abanda dan Ibunda ketika pergi kesuatu tempat. Lantunan ayat Al-Quran yang selalu terputar, dan Maulid Diba yang dikarang oleh Al-Imam As-Syeikh Abdurrahman Ad-Diba’i dan dilantunkan oleh Habib Abdullah bin Ali bin Sholeh Al-Athos selalu menenagkanmu ketika kamu bergerak aktif di dalam rahim Ibunda mu.

MUHAMMAD. merupakan nama pertama yang sudah pasti Abanda sandangkan ke kamu, nak. Dengan harapan kamu memiliki suri tauladan dan adab dalam menghadapi tantangan hidup seperti beliau. Hal tersebut tentu tidak hanya sekedar nama yang Abanda sandangkan ke kamu, Abanda ikhtiar dengan mengikuti kajian Sirah Nabawiyah dari Ustadz Khalid Basalamah, di YouTube untuk mengetahui secara keseluruhan adab dan pelajaran hidup yang dapat Abanda dan Ibunda ajari ke kamu. Penting rasanya sebagai seorang muslim untuk mempelajari segala adab dan perilaku Baginda Nabi agar kamu memiliki panutan dan idola yang tepat ketika kamu tumbuh dewasa.

ALFATIH. Abanda ambil nama tersebut dari bahasa arab, yang berarti perebut hati, penakluk, pembebas, pemimpin, pembuka. Sebagai anak pertama Abanda dan Ibunda tentu kami rasa tepat menempatkan nama ini padamu nak, dengan harapan kamu akan menjadi pembuka dalam kehidupan Abanda dan Ibunda, pembuka dalam segala hal. Pembuka rezeki, pembuka untuk lebih memaknai kesabaran, pembuka untuk memaknai rasa syukur yang diberikan Allah kepada kami. Abanda juga mengambil nama ini karena Abanda sendiri menyukai sejarah Sultan Mehmed II, pahlawan Islam dari Kekhalifahan Utsmani yang menjadi pembebas kota Istanbul dari tangan kekaisaran Bizantium (Romawi Timur). Sultan Mehmed II kemudian dikenal sebagai Muhammad Alfatih karena diusianya yang sangat muda 23 tahun, beliau sudah dapat memimpin pasukan Utsmani dengan berani. Dikisahkan juga dalam riwayatnya Muhammad Alfatih tidak pernah meninggalkan shalat rawatib semenjak dinobatkan menjadi sultan dalam usia 19 tahun. Selain itu, kamu lahir di dasawarsa yang berat nak, 2020 merupakan tahun Pandemi, dimana semua manusia takut akan virus yang memasuki unsur biologis tubuh mereka, harapannya dengan menyambatkan nama ini padamu ketika kamu dilahirkan dan ketika kamu tumbuh, dengan izin Allah semoga kamu akan menjadi pembebas dan terbebas dari Pandemi yang sedang kami hadapi ini. Semoga dengan menyandangkan nama ini kepadamu, kamu akan menjadi pembuka segala pintu rezeki, pembuka segala bentuk kebaikan untuk semua, dan menjadi pembebas segala bentuk keburukan.

KEMAL memiliki arti kesempurnaan, terhormat, yang sempurna. Nama ini merupakan nasab dari Abanda sendiri untukmu nak, agar kamu memiliki adab dan perilaku yang sempurna seperti tauladan kita Baginda Nabi Sallallahu Alaihi Wassalam. Agar kamu mengambil segala kebaikan dan kesempurnaan serta mentadaburi segala keindahan dan kesempurnaan karunia Allah yang ada di muka bumi ini.

MUFASSIR berarti ahli tafsir. Bukan Abanda ingin menjadikanmu ahli tafsir, semua jalan hidupmu bergantung kepadamu nak, Abanda dan Ibunda akan mendukung semua pilihan hidup yang kamu pilih selama itu pada jalan yang benar dan di ridhai oleh Allah Azza Wa Jalla. Percayalah nak, sebagai seorang muslim semua pedoman hidup yang ada di dunia ini yang baik ada di dalam Al-Qur’an, kita semua membaca Al-Qur’an tapi jarang dari kita, terlebih Abanda dapat memahami makna dan mengamalkan isi Al-Qur’an secara menyeluruh. Abanda menyandangkan kamu nama ini agar kamu bisa menafisrkan pedoman hidup yang sudah ada di dalam Al-Qur’an dan dapat mengamalkannya dalam tantangan hidup kamu kedepannya.

MUHAMMAD ALFATIH KEMAL MUFASSIR.

itulah nama yang Abanda berikan kepadamu nak, dengan harapan setiap nama memiliki makna kamu dapat meniru suri taulidan Baginda Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam, menjadi pembuka dan pembebas yang baik dalam segala hal, memiliki adab dan perilaku yang sempurna, dan menjadi penafsir AlQuran dengan mengamalkan segala pedoman hidup yang ada didalamnya.

Product Manager & Life Conoisseurs

Saya adalah masyarakat penikmat internet yang biasa aja, mencoba untuk menapaki dunia tulis-menulis. blog ini dibuat murni untuk menyalurkan hasrat pribadi. (Disclaimer) beberapa konten mungkin bisa dari berbagai sumber.

comments powered by Disqus

Related